RSS

Tuesday, December 28, 2010

How to Make Thomas Cake


Thomas...salah satu kue yang mengawali order di masa-masa pertama saya menjadi bakul kue di awal tahun 2010. Ternyata, request akan kue yang satu ini tak henti-henti hingga saat ini dan tetap menjadi "The Most Wanted Cake". Dan Thomas pun menjadi salah satu pesanan di penghujung tahun 2010.


Inilah bentuk kue Thomas sebelum dihias. Kue dibuat dari 2 loyang kue 22x22x4 dimana masing-masing dipotong menjadi 2 bagian yang sama dan ditumpuk ke atas, kemudian dibentuk hingga menyerupai Thomas menggunakan pisau.

Kue brownies, butter cake dan sponge cake bisa menjadi pilihan untuk kue Thomas. Apa pun jenis kuenya, hal penting yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan. Bentuk Thomas harus benar-benar seimbang, tidak miring dan sedapat mungkin dibuat agar kokoh. Untuk itu saya menggunakan beberapa  (tiga) dowel dengan bentuk seperti sumpit ditengah-tengah kue yang berfungsi sebagai penguat agar kue ini tidak mudah miring terutama bila mengalami perjalanan jauh untuk pengirimannya.

Setelah kue dibentuk sebagaimana gambar di atas, seluruh permukaan kue dioles tipis-tipis dengan buttercream, alternatif lain bisa menggunakan ganache jika anda ingin menghiasnya dengan fondant keseluruhan. Disini saya menggunakan buttercream sebagai dekorasi utama sebagaimana permintaan pelanggan. Namun beberapa bagian seperti roda , wajah dan beberapa bagian lainnya tetap menggunakan fondant agar tampak rapi.

Mulailah menghias Thomas dari bagian paling bawah (warna hitam) kemudian bagian yang berwarna biru. Pada contoh Thomas ini saya menggunakan spuit wilton no.16 (star) untuk buttercream yang berwarna biru.
Selanjutnya baru kerjakan detail Thomas dan wajah. Gambar berikut ini adalah langkah sederhana membuat wajah Thomas.


Langkah-langkah membuat kue Thomas yang sangat bermanfaat ini saya pelajari dari buku karangan Debbie Brown; "Children Characters Cake".




No comments: